Wednesday, February 15, 2012

SBI CLASS : PACU JIWA ADRENALINE DI PPLH SELOLIMAN


Trawas, Mojokerto – (14/02) Ternyata tanggal 14 Februari adalah tanggal yang berarti bagi siswa-siswi XI IPA di SMANUSA Gresik, pada hari romantisme tersebut mereka harus menjalani Outbond dan study tour ke Trawas, Mojokerto untuk mengunjungi sebuah tempat Lingkungan hidup yang bernama PPLH Seloliman. Tepat PKL 07.30 2 bis rombongan Outbond yang menyanggupi 3 Kelas dengan standar kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 pun berangkat melalui rute Surabaya. Sekitar PKL 09.00 Bis rombongan tersebut tiba di tujuan dengan selamat, para siswa-siswi yang tak acuh senang dalam menjalani outbond ini pun langsung menuju ke aula untuk mendengarkan intruksi dan pelajaran dari para pembina, dimulai dengan acara perkenalan, Para pemandu atau pembina pun saling memperkenalkan diri di hadapan para siswa dan juga pembagian kelompok dalam outbond tersebut, dalam pembagian kelompok, para pembina menyarankan untuk memberi setiap nama kelompok dengan nama ilmiah setiap lingkungan hidup/ bisa disebut pemberian nama tentang lingkungan. Hingga sekitar 15 menit, 6 tim pun berhasil di bagi, dan inilah daftar tim/kelompok yang sudah dibentuk oleh Bpk Sutoyo, selaku koordinator kegiatan di PPLH tersebut :
  1. KIWI yang dibina oleh Susi dan diketuai oleh Fatkhul Alfian (XI IPA 3),
  2. IJO yang dibina oleh Shodiq dan diketuai oleh Elma Fitriyana (XI IPA 3),
  3. PUTRI MALU yang dibina oleh Thoyib dan diketuai oleh Zainuddin Arif (XI IPA 3),
  4. PACE yang dibina oleh Iswandi dan diketuai oleh Andre Nizar (XI IPA 2),
  5. ORGANIK yang dibina oleh Joko dan diketuai oleh Tulus Subakti (XI IPA 1),
  6. OYOTH yang dibina oleh Tanudhin dan diketuai oleh Razan Miqdad (XI IPA 1).
Ke 6 tim tersebut pun disuruh untuk membuat sebuah yel-yel dan motto untuk tim mereka, dan segera masuk ke permainan yang pertama yakni Pencarian Bola, dimana pada game ini, dibutuhkan kekompakan dalam irama suatu langkah para individu dengan yang lain, karena beberapa individu harus ditutup matanya, terkecuali adalah ketua tim yang mampu melihat namun tidak diperbolehkan untuk berbicara dan memberikan instruksi, sedangkan 3 orang dari setiap kelompok tidak mampu melihat namun bisa memberikan instruksi tentang jalan yang harus dilalui. Hingga sampai pada tempat tujuan, ke 6 tim tersebut pun dibagi dalam 4 Trading Game, yang terdiri dari Couple Game/Jodoh, Flaying Fox, Tarzan dan Titian Elvis, serta Borgol. Dalam satu game terdiri dari 2 kelompok yang dimana saling menjaga kekompakan untuk dapat menyelesaikan Trading game tersebut.
Tepat PKL 12.00 Game pun berakhir, dan para siswa-siswi dipersilahkan untuk makan siang bersama dengan kelompok-kelompok yang lainnya. Begitu selesai dari ISHOMA, para siswa-siswi yang tergabung dalam beberapa kelompok dipandu oleh pembinanya masing-masing untuk melakukan observasi dan pengamatan di hutan, seperti melihat tanaman-tanaman dan lebih mengenal lingkungan hidup sebagaimana mestinya, dan ternyata perjalanan tersebut bukan hanya sebagai observasi bagi para siswa, tetapi penjelajahan untuk memacu Adrenaline mereka karena diperlukan usaha dan mental yang keras untuk dapat menaklukan bukit tersebut. Sungai Maron merupakan tempat penjelahan terakhir untuk para siswa-siswi karena disinilah puncak acara, dimana siswa dapat berinteraksi dengan kelompok lain dan menyegarkan dirinya dari lelahnya penjelajahan mereka.
Tim kelompok tiba di aula kembali PKL 16.00 dimana rombongan akan meninggalkan PPLH malam itu, mereka pun mendapatkan suatu hikmah yang mampu membawa mereka dan dapat mempelajari suatu kandungan dari arti lingkungan hidup dalam pikiran mereka, “Semoga apa yang dilatih oleh pembina disini mampu dimanfaatkan oleh para siswa-siswi SMANUSA dengan sebaik-baiknya, dan kami juga berterima kasih kepada semua pembina karena mampu membimbing murid kami hingga mengenal lingkungan hidup”. Terang kesan-pesan dari Bpk Mukhtar Khuluq selaku perwakilan dari guru SMANUSA Gresik. 

Ini Video yang berhasil direkam seorang siswi 'Azizah Ardyanti Putri' tentang kegiatan Outbound :

  
 

0 comments:

Post a Comment